Senin, 19 Desember 2016

Materi Bahasan Prinsip-Prinsip Perilaku Kepemimpinan

Ing ngarso sung tulodo, yang berarti keseluruhan sikap, tingkah laku dan perbuatan seorang pemimpin harus sesuai dengan norma yang berlaku sehingga orang-orang yang dipimpinnya, menjadikannya sebagai teladan, panutan dan mengikutinya. Kemampuan tersebut hanya akan tersebntuk secara wajar dan nyata apabila dimodali dengan integritas pribadi, berdisiplin dalam sikap, cara berpikir dan bertindak, serta keteladanan yang tidak mudah mengandalkan kekuasaan, tetapi bersifat rasional dan demokratis.
Ing madyo mangun karso, yang berarti seorang pemimpin harus mampu memotivasi dan membangkitkan tekad serta semangat orang-orang yang dipimpinnya untuk berswakarsa, berkreasi dan mempunyai niat kuat untuk berbuat. Kemampuan tersebut dengan demikian menghidupkan benih-benih terdapat dalam masyarakat untuk bisa tumbuh secara mandiri dan bertanggung jawab secara etis.
Tut wuri handayani, yang berarti seorang pemimpin harus mampu mendorong dan mengedepankan orang-orang yang dipimpinnya seraya membekalinya dengan rasa percaya diri. Sikap tersebut mendorong tumbuhnya kepribadian bangsa, mentalitas mandiri serta sikap partisipastif dalam usaha-usaha bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar