Rabu, 07 Desember 2016

Materi Bahasan PLBJ Semester I Kelas 3 SD




BAB I KEINDAHAN SEKOLAH DAN LINGKUNGAN SEKITAR
·                Kebersihan dan keindahan ruang kelas harus dijaga agar murid-murid dapat belajar dengan tenang dan nyaman.
·             Kebersihan dan keindahan sekolah menjadi tanggungjawab seluruh warga sekolah yaitu murid, guru, pejaga sekolah dan kepala sekolah.
·                Cara menjaga kebersihan dan keindahan sekolah adalah dengan melaksanakan tugas piket kebersihan, menanam adan merawat tanaman sekolah dan menata benda-benda yang terdapat disekolah.
·                Sikap murid yang bertanggungjawab terhadap kebersihan kelas adalah :
1.    Melaksanakan tugas piket dengan baik
2.    Membuang sampah pada tempatnya
3.    Tidak mencoret-coret meja, kursi dan tembok
4.    Merawat tanaman yang ada.
5.    Menjaga kebersihan kamar mandi dan WC sekolah
·                Ruang kelas berfungsi sebagai tempat melakukan kegiatan belajar mengajar.
·                Halaman sekolah berguna untuk bermain dan berolahraga.
·                Ruang guru dan ruang kepala sekolah merupakan ruang tempat guru dan kepala sekolah menyelesaikan pekerjaannya.
·                Ruang toilet dibersihkan dengan cara disikat. Murid yang selesai menggunakan ruang toilet harus menjaga kebersihannya dengan cara menyiram air ke dalam kloset.
·                Ruang kantin sebagai tempat murid membeli makanan dan minuman.
·                Perpustakaan adalah ruang untuk membaca dan meminjam buku.
·                Laboratorium adalah ruang untuk melakukan percobaan dan praktik pelajaran.
·                Ruang UKS adalah tempat untuk memberikan pertolongan kepada murid yang sakit.
·                Untuk menjaga kebersihan kelas perlu dibentuk petugas piket kelas. Petugas piket kelas bertugas membersihkan ruang kelas setiap pagu atau siang hari. Petugas piket kelas terdiri atas siswa-siswa yang bertanggungjawab terhadap kebersihan kelas. Pekerjaan agar cepat selesai dikerjakan secara kerja bakti.
·                Tanaman disekolah perlu dirawat dengan cara :
1.    Menyiram dan memupuk tanaman secara teratur
2.    Membersihkan tumbuhan liar disekitar tanaman
3.    Memangkas tanaman secara teratur
4.    Memberantas hama tanaman
·                Ruangan kelas sebaiknya dicat dengan cat tembok warna terang dan berwarna serasi agar nampak indah dan tidak mencolok.
·                Alat yang digunakan untuk memberishkan lingkungan sekolah antara lain sapu ijuk, sapu lidi, lap pel, arit, sikat dan pengki.
·                Sapu ijuk, lap pel dan kemoceng digunakan untuk membersihkan di dalam ruangan.
·                Sapu lidi digunakan untuk membersihkan halaman sekolah.
·                Arit dan pengki digunakan untuk membersihkan halaman dan rumput liar.
·                Sikat digunakan untuk membersihkan lantai kamar mandi dan WC.
·                Selokan disekolah berguna untuk mengalirkan air limbah.
·                Saluran air harus bersih dari sampah agar air limbah mengalir lancar.
·                Taman sekolah dapat ditanami dengan tanaman hias.
·                Agar tetap rapi dan indah, pagar hidup harus dipangkas secara teratur.
·                Pagar sekolah yang kuat dan aman sebaiknya terbuat dari tembok.
BAB II PERMAINAN PETAK UMPET
·                Permainan petak umpet berasal dari Jakarta.
·                Bermain petak umpet sebaiknya di halaman yang luas.
·          Jumlah pemain petak umpet tidak terbatas, tetapi paling sedikit dimainkan oleh 3 orang.
·         Peraturan permainan petak umpet sangat sederhana. Pemain melakukan gambreng untuk menentukan penjaga.
·     Tugas penjaga adalah menjaga pos jaga dan mencari teman-temannya yang bersembunyi.
·                Jenis permainan petak umpet ada 3 macam. Alat yang digunakanpun berbeda-beda, tetapi cara dan peraturannya hampir sama dengan yang lainnya :
1.    Petak umpet batang (benteng)
2.    Petak umpet bete (pecahan genting)
3.    Petak umpet bola (kaleng)
·                Petak umpet batang atau benteng menggunakan batang pohon atau patok sebagai petaknya.
·                Cara bermain petak umpet batang :
1.    Pemain melakukan hompimpa dan suten untuk menentukan penjaga
2.    Penjaga memejamkan mata dan berhitung 1 sampai 20, sementara pemain lain bersembunyi.
3.    Jika penjaga sudah menemukan pemain, penjaga harus menyebut namanya dan segera lari ke petakan dan memegangnya. Jika pemain berhasil mendahului penjaga dan memegang petakan, pemain dinyatakan menang dan permainan diulang dari awal kembali.
4.    Jika penjaga berhasil menebak seluruh pemain, maka pemmain yang pertama kali tertebak oleh penjaga menggantikan tugas penjaga pada permaianan berikutnya.
·                Petak umpet bete, pemain menggunakan pecahan genting sebagai alat permainan. Pecahan genting diletakkan didalam lingkaran yang digambar ditanah. Jumlah pecahan genting ditentukan oleh kesepakatan pemain.
·                Cara bermain petak umpet bete :
1.    Pecahan genting ditumpuk di dalam lingkaran diatas tanah. Pemain berusaha untuk merobohkan pecahan genting.
2. Saat pecahan genting roboh, penjaga bertugas merapikan pecahan tersebut sementara pemain lain bersembunyi.
3.Setelah pecahan genting tersusun rapi, penjaga bertugas mencari pemain. Penyerang harus berusaha merobohkan susunan pecahan genting, jika pemain berhasil merobohkan pecahan genting, pemain harus berteriak “bete” dan semua pemain yang sudah tertebak dapat bersembunyi kembali.
4.    Bila semua pemain dapat ditebak, maka pemain yang pertama kali tertebak menggantikan penjaga di permainan berikutnya.
·                Petak umpet bola atau kaleng menggunakan kaleng atau bola sebagai alatnya.
·                Bola diletakkan didalam lingkaran yang digambar diatas tanah. Bola yang digunakan adalah bola kaki dan kalengnya dapat menggunakan kaleng susu bekas yang diisi dengan kerikil.
·                Cara bermain petak umpet kaleng atau bola :
1.    Bola atau kaleng diletakkan di dalam lingkaran diatas tanah. Seorang pemain berusaha melempar kaleng atau bola sejauh mungkin.
2.    Saat penjaga mengambil bola atau kaleng pemain lain bersembunyi.
3.    Setelah bola atau kaleng diletakkan kembali di dalam lingkaran, penjaga bertugas mencari pemain. Pemain harus berusaha melempar atau menendang bola atau kaleng kembali, jika pemain berhasil menendang atau melempar bola atau kaleng, pamin harus berteriak “gol” atau “kaleng” dan semua pemain yang sudah tertebak dapat bersembunyi kembali.
4.    Bila semua pemain dapat ditebak, maka permain yang pertama kali tertebak menggantikan penjaga di permainan berikutnya.
·                Nilai-nilai yang terkandung dalam permainan petak umpet adalah menumbuhkan sifat jujur, percaya diri dan sikap lapang dada jika menjadi penjaga berulang kali.
BAB III PERMAINAN ANGGAR-ANGGARAN
·               Salah satu permainan rakyat betawi adalah permainan anggar-anggaran
·          Bahan untuk membuat anggar-anggaran adalah pelepah pisang. Karena mudah dibentuk dan tidak membahayakan.
·               Cara membuat anggar-anggaran aalah pelepah pisang dibersihkan daunnya.
·               Panjang anggar kira-kira 1 meter.
·               Bermain anggar dilakukan dengan cara berpasangan.
·               Jumlah pemain anggar-anggaran paling sedikit 2 orang.
·             Tempat yang tepat untuk bermain anggar-anggaran adalah di halaman yang luas, sejuk dan bersih.
·          Arena permainan anggar-anggaran dapat berbentuk persegi atau lingkaran dengan garis di tengah sebagai batas pemain.
·               Lamanya permainan anggar-anggaran ditentukan berdasarkan nilai.
·               Permainan anggar-anggaran dipimpin oleh wasit.
·        Pada permainan anggar-anggaran bagian kepala lawan tidak boleh diserang karena membahayakan.
·               Bagian tubuh yang boleh diserang adalah bagian bahu ke bawah hingga ke kaki lawan.
·               Bermain anggar-anggaran harus sesuai dengan aturan bermain yang telah disepakati bersama.
·        Pemain yang anggarnya berhasil mengenai tubuh lawan lebih banyak dinyatakan sebagai pemenang.
·     Nilai yang terkandung dalam permaianan anggar-anggaran adalah kedisiplinan, sportivitas dan kejujuran.
BAB IV CERITA ARIA PRABANGSA
·               Aria prabangsa mempunyai adik bernama aria wiratanudatar;
·               Aria prabangsa dan aria wiratanudatar adalah anak yatim piatu karena ayah dan ibunya telah meninggal dunia sejak mereka masih kecil.
·               Pesan ayahnya kepada ari prabangsa dan aria wiratanudatar adalah kalian harus menjalani kehidupan dengan penuh kesabaran, ketabahan dan jadilah orang yang berguna bagi masyarakat.
·               Pekerjaan aria prabangsa dan aria wiratanudatar adalah mencari kayu.
·               Nilai luhur yang terdapat dalam cerita ari prabangsa adalah
1.        Menjalani kehidupan dengan sabar, tabah dan tekun
2.        Bercita-cita menjadi orang yang berguna bagi masyarakat.
3.        Memelihara kerukunan dan persatuan
4.        Seorang raja yang adil, bijaksana dan tidak kejam.
BAB V UPACARA TURUN TANAH
·               Upacara turun tanah adalah upacara adat daerah Jakarta.
·               Upacara turun tanah sering disebut juga upacara nginjek tanah.
·               Upacara turun tanah biasanya dilaksanakan ketikan anak berusia 8 bulan dan anak sudah mulai berlatih berdiri sendiri.
·               Tujuan dilaksanakan upacara turun tanah adalah memohon kepada Tuhan yang maha kuasa agar anak segera dapat berjalan.
·           Jenis makanan yang dihidangkan pada upacara turun tanah adalah nasi uduk dan makanan kecil.
·               Nilai luhur yang terkandung dalam upacara turun tanah adalah :
1.    Mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan yang maha kuasa.
2.    Memelihara budaya daerah
3.    Menjalin rasa kekeluargaan.

4 komentar: