Minggu, 08 Mei 2016

Materi pembahasan IPS Kelas 2 SD /MI



Materi Pembahasan IPS Kelas 2 SD/ MI

KEDUDUKAN DAN PERAN ANGOTA KELUARGA
·                Setiap orang mempunyai keluarga. Keluarga terdiri atas ayah, ibu dan anak-anak.
·                Keluarga yang terdiri atas ayah, ibu, dan dua anak disebut caturwarga.
·                Keluarga yang teridri atas ayah, ibu dan tiga anak disebut pancawarga.
·                Anak yang tidak mempunyai ayah dan ibu disebut anak yatim piatu.
·        Kedudukan ayah dalam keluarga adalah sebagai kepala keluarga atau pemimpin keluarga. Kewajiban ayah bekerja mencari nafkah untuk keluarga.
·                Uang yang didapatkan digunakan untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Seperti biaya makan sehari-hari, biaya pendidikan, kesehatan dan sebagainya. Selain mencari nafkah ayah juga berkewajiban untuk mendidik anak-anaknya.
·               Ayah harus bertanggungjawab untuk menjaga keselamatan dan kesejahteraan keluarga serta melindungi keluarga dengan sebaik-baiknya.
·         Sebagai kepala keluarga ayah memiliki hak untuk dihormati dan mengatur rumah tangganya. Ayah adalah suami ibu dan ibu adalah istri ayah.
·                Status ayah dan ibu adalah suami istri.
·      Kedudukan ibu dirumah adalah sebagai ibu rumah tangga. Ibu rumah tangga bertanggungjawab terhadap semua urusan rumah tangga. Kewajiban ibu adalah mengurus rumah tangga dan keluarga.
·                Ibu bertanggungjawab atas kebersihan dan kerapian rumah.ayah juga bisa membantu pekerjaa rumah tangga ibu. Tugas ibu juga sebagai wakil kepala keluarga, ibu berkewajiban mengurus dan mendidik anak. Ibu setiap hari menyediakan makanan.
·                Ada juga ibu yang bekerja. Ibu bekerja untuk menambah pendapatan keluarga.
·                Hak orang tua kepada anaknya adalah diikuti perintahnya dan dihormati.
·                Kewajiban orang tua kepada anaknya adalah memberi makan dan minum, memberi pakaian dan kebutuahn lainnya serta mendidik dan menyekolahkan.
·                Anak-anak berkedudukan sebagai anggota keluarga. Anak yang petama disebut anak sulung. Anak yang terakhir disebut anak bungsu.
·                Tugas utama anak sekolah adalah belajar. Belajar bisa dilakukan dirumah atau disekolah. Membantu orang tua merupakan kewajiban anak. Membantu orang tua harus dengan ikhlas. Pekerjaan rumah yang dapat dilakukan anak seperti mencuci piring, mengepel lantai, menjemur baju dan lain sebagainya. Nasihat orang tua harus didengarkan.
·                Paman adalah adik laki-laki ayah atau ibu. Bibi adalah adik perempuan ayah atau ibu. Paman dan bibi termasuk keluarga tambahan.
·                Nenek dan kakek adalah orang tua dalam keluarga. Kakek adalah ayah dari ayah atau ibu. Nenek adalah ibu dari ayah atau ibu. Sebagai orang tua kakek dan nenek selalu memberi nasihat pada anggota keluarganya.
·             Pembantu berperan membantu pekerjaan rumah tangga. Pembantu dapat meringankan pekerjaan rumah.
·                Tugas pembantu adalah
1.  Memasak didapur
2.  Membersihkan rumah
3.  Mencuci pakaian
4.  Menyetrika pakaian
5.  Mengasuh anak-anak
·                Manfaat untuk diri sendiri, antara lain :
1.  Anak yang rajin membantu orang tua mempunyai banyak pengalaman dibandingkan dengan anak yang tidak pernah membantu orang tua.
2.  Anak yang rajin belajar akan tercapai cita-citanya.
3.  Anak menjadi cekatan dalam bekerja dan percaya diri apabila berhadapan dengan orang lain.
·                Manfaat untuk orang lain, antara lain :
1.  Menumbuhkan sikap gotong royong
2.  Menumbuhkan rasa sayang antar anggota keluarga
3.  Meringankan beban pekerjaan anggota keluarga
4.  Mempercepat pekerjaan
·                Manfaat melaksanakan peran sebagai berikut :
1.  Saling mengerti tugas masing-masing. Terutama sesame anggota keluarga;
2.  Terbiasa suka bekerja. Terbiasa membantu orang tua.
3.  Melatih sigat mandiri. Tidak tergantung orang lain.
·                Hak orang tua kepada anaknya adalah diikuti perintah dan dihormati.
·                Kewajiban orang tua kepada anaknya adalah memberi makan dan minum, memberi pakaian dan kebutuhan lainnya serta mendidik dan menyekolahkan.
·                Manusia adalah makhluk sosial, artinya manusia suka bergaul. Manusia membutuhkan orang lain. Manusia tidak dapat hidup sendiri. Manusia membutuhkan teman.
·                Gotong royong adalah salah bentuk kerjasama.
·                Lingkungan tetangga adalah lingkungan disekitar tempat tinggal kita. Tetangga adalah orang yang tinggal berdakatan dengan tempat tinggal kita. Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW), Kelurahan, dan desa juga termasuk lingkungan tetangga.
·                Lingkungan yang aman adalah bebas dari pencurian atau tindak kejahatan lainnya. Keamanan membuat hidup tenang dan damai.
·                Siskamling singkatan dari Sistem Keamanan Lingkungan. Petugas siskampling mendapat tugas sekali dalam seminggu.
·                Waktu siskampling adalah malam hari. Biasanya mereka berkumpul di pos ronda. Peralatan yang dibawa saat siskampling adalah senter dan kentungan.
·                PKK singkatan dari Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga. PKK merupakan bentuk kerjasama ibu-ibu.
·                Tujuan diadakan kegiatan PKK adalah untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. PKK RT beranggotakan ibu-ibu satu RT. Mereka mengadakan pertemuan setiap bulan.
·                Kegiatan PKK antara lain :
1.  Arisan dan pengarahan
2.  Kegaiatan lomba
3.  Penambahan pengetahuan
4.  Pemberian informasi dari kelurahan
5.  Kegiatan posyandu




Tidak ada komentar:

Posting Komentar