Selasa, 06 Desember 2016

Materi Bahasan Bahasa Indonesia Semester I Kelas 3 SD




BAB I ASYIKNYA MENGUNJUNGI TEMPAT UMUM
·                Membaca nyaring adalah membaca dengan suara keras dan jelas.
·         Tujuan membaca nyaring adalah agar semua orang dapat mendengarkan apa yang dibaca dan memahami isinya.
·                Cara membaca nyaring, yaitu :
1.    Ucapan atau lafal harus jelas
2.    Jeda atau perhentiannya harus tepat
3.   Lagu kalimat atau tinggi rendahnya suara harus tepat. Tujuannya agar maskud kalimat itu jelas, apakah itu kalimat berita, tanya atau perintah. Lagu kalimat atau tinggi rendahnya suara disebut juga intonasi.
4.    Tempo adalah cepat atau lambatnya membaca.
·                Perpustakaan adalah tempat untuk membaca dan meminjam buku.
·                Termimal adalah tempat pemberhentian dan pemberangkatan bus.
·                Stasiun adalah tenpat pemberhentian dan pemberangkatan kereta api.
·                Mal adalah pasar modern serba ada.
·                Lapangan adalah tempat atau tanah yang luas.
·                Kantor pos adalah kantor yang mengurus pengiriman surat dan barang.
·                Halte adalah tempat pemberhentian dan pemberangkatan kendaraan umum.
·                Bandara adalah tenmpat pemberhentian dan pemberangkatan pesawat terbang.
·                Sekolah adalah tempat menuntut ilmu atau tempat kegiatan belajar dan mengajar.
·                Taman adalah tempat yang nyaman untuk bersenang-senang karena indah dan asri.
·                Bank adalah tempat menyimpan uang.
-    Puskesmas adalah pusat kesehatan masyarakat, tempat masyarakat mendapat pelayanan kesehatan.
·                Sebuah karangan terdiri atas beberapa paragraf.
·                Masjid agung banten didirikan oleh Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati.
·                Jembatan suramadu digunakan karena jembatan ini menghubungkan pulau jawa, tepatnya Surabaya dengan madura. Jembatan suramadu ini melintasi selat madura.

BAB II LINGKUNGAN BERSIH DAN NYAMAN
·                Membaca intensif adalah membaca bacaan dengan sungguh-sungguh agar kita benar-benar memahami isinya.
·                Membaca sungguh-sungghuh dilakukan dengan tidak bersuara tetapi di dalam hati.
·                Gara-gara limbah, ikan-ikan itu akan mati karena terkena limbah kamar mandi umum.
·              Air limbah yang berasal dari sabun, deterjen, minyak tanah, bensin amat berbahaya. Air itu mengandung racun.
·          Tidak sepantasnya ruang kelas kotor seperti tempat sampah, seharusnya sebelum belajar siswa membersihkan sampah dahulu.
·                Sifat Abu Nawas adalah cerdik dan cerdas.
·      Kita dapat memberikan tanggapan dan saran setelah mengetahui masalah yang sebenarnya. Memberikan tanggapan dan saran untuk masalah yang sedang dihadapi teman sangat berguna bagi teman kita itu.
·                Pada kalimat yang ada kata-kata oya, wah, aduh harus diberi tanda koma (,)
·                Tanda koma ( , ) digunakan untuk :
1.    Memisahkan unsur-unsur dalam suatu pemerincian;
2.    Memisahkan kata seperti o, ya, wah, aduh dari katan lain yang terdapat dalam kalimat
BAB III PERISTIWA ITU TAK TERLUPAKAN
·                Salah satu bahan untuk mengarang atau menyusun paragraf adalah gambar seri.
·                Tanda hubung digunakan untuk menghubungkan :
1.    Suku-suku kata dasar yang terpisah oleh pergantian baris.
2.    Awalan dengan bagian kata dibelakangnya atau akhiran dengan bagian kata didepannya dalam pergantian baris.
3.    Menyambung unsur-unsur kata ulang.
BAB IV AKU PUNYA KEBIASAAN YANG BAIK
·                Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mendengarkan cerita antara lain:
1.     Memahami isi ceritanya supaya mampumenjawab pertanyaan tentang isi ceritanya.
2.     Memahami tokoh-tokohnya
3.     Memahami rangkaian sebab-akibat dalam ceritanya.
·            Bacaan petunjuk cara membuat sesuatu bermaksud untuk menjelaskan urutan cara membuatnya. Bacaan tersebut harus disertai dengan gambar supaya lebih jelas;
·          Salah satu cara belajar membuat karangan adalah melengkapi bagian akhir cerita dengan sebuah paragraf yang sengaja dikosongkan. Untuk bisa melengkapi cerita dengan baik, kamu harus bisa memahami cerita tersebut sehingga mampu melengkapinya dengan penyelesaian yang masuk akal.
·        Salah satu kegunaan tanda koma adalah untuk memisahkan tempat dan tanggal penulisan surat. Contoh : Jakarta, 30 November 2007

BAB V ITULAH HIBURAN YANG KUSUKA
·       Menggunakan tanda koma untuk menulis angka persepuluhan, rupiah dan sen, contohnya :
1.    Tinggi boneka lili tujuh puluh lima setengah sentimeter menjadi Tinggi boneka lili 75,5 cm.
2.    Jumlah uang tabunganku di bank seratus tiga puluh enam ribu dua ratus rupiah dua puluh lima sen menjadi Jumlah uang tabunganku di bank Rp. 136.200,25.
3.    Panjang mainan itu sembilan koma tiga puluh lima sentimeter menjadi panjang mainan itu 9,35 cm.
4.    Diameter benda itu adalah empat puluh koma tiga puluh lima sentimeter menjadi diameter benda itu 40,35 cm.
5.    Uang tabungan ibu sekarang berjumlah satu juta lima ratus lima puluh ribu rupiah lima puluh sen menjadi Rp. 1.550.000,50.
6.    Panjang kain merah itu lima koma enam puluh meter menjadi panjang kain merah itu 5,60 m.
7.    Tinggi badan anisa satu meter koma empat puluh satu sentimeter menjadi Tinggi badan anisa 1,40 m.

BAB VI AKU SUKA BERGAUL DENGAN ANAK  BAIK
·               Puisi sebenarnya berisi perasaan hati seseorang.
·               Kalimat perintah adalah kalimat berisi perintah.
·               Kalimat perintah ditandai oleh penggunaan lah atau kan.
·               Penulisan kalimat perintah biasanya diakhiri dengan tanda seru ( ! )

BAB VII SIAPA SUKA KEINDAHAN
·               Membaca nyaring adalah membaca untuk didengar atau dipahami orang lain. Oleh karena itu, pengucapannya harus keras dan jelas.
·               Menulis karangan hasil pengalaman berarti menulis apa yang pernah dilihat, didiengar atau dirasakan.
·               Kata depan di digunakan untuk menunjukkan tempat. Contohnya :
1.    Ayah ada di kamar.
2.    Ibu memasak di dapur.
·               Kata depan pada digunakan untuk menunjukkan waktu. Contohnya :
1.    Ayah selalu membaca  Koran pada pagi hari.
2.    Pada senja hari, pemandangan di pantai indah sekali.
·               Penulisan kata di dan pada selalu dipisahkan dari kata yang mengikutinya.

BAB VIII BERSIH PANGKAL SEHAT
·        Membaca intensif adalah membaca dengan sungguh-sungguh untuk memahami isi bacaannya.
·               Kalimat berita dengan kata depan ke adalah kalimat berisi pernyataan yang didalamnya menggunakan  kata depan ke untuk menunjukkan tempat.
·               Kalimat berita biasanya diakhiri dengan tanda titik (.)
·     Penulisan ke sebagai kata depan selalu dipisahkan dari kata yang mengikutinya. Contohnya :
1.    Pada hari minggu, pagi-pagi saya mencoba ke dapur.
2.    Piring dan gelas saya masukkan ke dalam ember.

BAB IX SEMUA INGIN SEHAT
·         Salah satu cara melatih untuk membuat puisi adalah dengan melengkapi puisi yang tersedia.
·               Kata depan dari menerangkan asal arah atau tempat.
·               Penulisan kata dari selalu dipisahkan dengan kata yang mengikutinya. Contohnya :
1.    Faisal dan ibunya baru saja pulang dari Puskesmas.
2.    Dari rumahku ke rumah sakit, jaraknya hanya sekitar dua kilometer.

1 komentar:

  1. Persepuluhan,ribuan dan sen,.tinggi boneka lili tuju pulu lima setenga centi meter,dua,apa jawabanya ?

    BalasHapus